Home Nasional 111 Calon Hakim Ad Hoc Mahkamah Agung Lolos Seleksi Administrasi

111 Calon Hakim Ad Hoc Mahkamah Agung Lolos Seleksi Administrasi

48
0

Komisi Yudisial (KY) mengumumkan 76 orang calon hakim ad hoc Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) dan 35 orang Calon Hakim ad hoc Hubungan Industrial pada Mahmakam Agung lolos seleksi administrasi. "Para calon tersebut telah dinyatakan melengkapi berkas calon hakim ad hoc pada MA sesuai dengan persyaratan administrasi," kata Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Aidul Fitriciada Azhari dalam keterangannya, Selasa (11/8/2020). Adapun kebutuhan seleksi terdiri dari 6 orang hakim ad hoc Tipikor pada MA dan 2 orang hakim ad hoc Hubungan Industrial pada MA yang berasal dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

Aidul mengatakan penerimaan seleksi calon hakim ad hoc pada MA telah resmi ditutup, Kamis (30/7/2020). Sebanyak 103 orang telah mendaftar secara daring untuk Calon Hakim ad hoc Tipikor pada MA dan 59 orang mendaftar secara daring untuk Calon Hakim ad hoc Hubungan Industrial pada MA. Bila diperinci berdasarkan profesi, kata Aidul, maka calon hakim ad hoc Tipikor pada MA yang dinyatakan lolos seleksi administrasi terdiri dari 61 orang hakim, 3 orang akademisi, 7 orang pengacara, dan 5 orang lainnya.

Kemudian berdasarkan tingkat pendidikan, 6 orang bergelar sarjana, 51 orang bergelar magister, dan 19 bergelar doktor. Berdasarkan kategori jenis kelamin, 67 orang laki laki dan 9 orang perempuan. Lanjut Aidul, untuk Calon Hakim ad hoc Hubungan Industrial pada MA, bila diperinci berdasarkan profesi, terdiri dari 20 orang hakim, 1 orang akademisi, 6 orang pengacara, dan 8 orang lainnya.

Berdasarkan tingkat pendidikan, 10 orang bergelar sarjana, 21 orang bergelar magister, dan 4 bergelar doktor. Berdasarkan kategori jenis kelamin, 31 orang laki laki dan 4 orang perempuan. Kemudian berdasarkan pengusul, maka para calon yang berasal dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) berjumlah 18 orang dan sebanyak 17 orang berasal dari Serikat Pekerja/Serikat Buruh.

"Pengumuman hasil seleksi administrasi dapat dilihat di website KY yaitu www.komisiyudisial.go.id mulai 11 Agustus 2020," kata Aidul. Bagi calon hakim ad hoc pada MA yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti seleksi kualitas pada Senin Selasa, 24 25 Agustus 2020 secara daring melalui website poster.setneg.go.id. Ia mengatakan materi yang diujikan pada seleksi kualitas meliputi menulis makalah di tempat, studi kasus hukum, studi kasus Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), dan tes objektif.

Dalam mengerjakan seleksi tersebut, peserta mempersiapkan perlengkapan seleksi kualitas daring, berupa: laptop dan charger laptop; smartphone untuk zoom meeting dan charger handphone/powerbank; tripod handphone; dan koneksi internet yang stabil. Selain itu, peserta dapat menunjuk satu orang pendamping untuk membantu kelancaran dalam hal teknis pelaksanaan seleksi kualitas daring. "Untuk video tutorial ujian mandiri Seleksi Kualitas Daring dapat diakses melalui bit.ly/TutorialSeleksiKualitasKY," ujar dia. Aidul mengatakan para calon hakim ad hoc pada MA akan menjalani serangkaian tahapan di antaranya: seleksi administrasi, seleksi kualitas daring, seleksi kesehatan dan kepribadian, serta wawancara terbuka.

Terakhir, KY akan mengusulkan pengangkatan hakim agung dan hakim ad hoc pada MA kepada DPR untuk mendapatkan persetujuan. Dalam melakukan seleksi, KY kata Aidul, menekankan pentingnya faktor integritas untuk dimiliki oleh para calon. "Sehingga KY mengharapkan partisipasi masyarakat (dengan identitas yang jelas) agar memberikan informasi atau pendapat secara tertulis tentang integritas, kapasitas, perilaku, dan karakter calon hakim ad hoc pada MA," katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here