Home Nasional Airlangga Bantah Pekerja di Bawah 45 Tahun Boleh Berkantor

Airlangga Bantah Pekerja di Bawah 45 Tahun Boleh Berkantor

14
0

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah belum memutuskan pekerja di bawah 45 tahun diperbolehkan masuk kerja. Hal itu disampaikan Airlangga usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo, Senin (18/5/2020). "Terkait dengan pekerja itu belum ada regulasi ataupun belum ada usulan yang terkait dengan kriteria umur, jadi itu bukan merupakan apa yang kebijakan yang diambil pemerintah," kata Airlangga.

Pernyataan Airlangga tersebut bertolak belakang dengan koleganya di kabinet, Menteri BUMN Erick Tohir. Sebelumnya, Karyawan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berusia di bawah 45 tahun akan diizinkan kembali masuk kantor pada 25 Mei 2020. Aktivitas tersebut dilakukan jika daerah tempat mereka bekerja membuka pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Sementara untuk karyawan BUMN berusia di atas 45 tahun masih akan menjalankan Work From Home (WFH) selama pandemi virus corona. Informasi tersebut tercantum dalam surat Menteri BUMN Erick Thohir kepada direktur utama BUMN tentang antisipasi skenario The New Normal. Untuk fase 1 dimulai pada 25 Mei 2020.

Pada fase tersebut, Kementerian BUMN menyiapkan pedoman umum pemulihan kegiatan. Pedoman umum tersebut meliputi protokol perlindungan karyawan, pelanggan, pemasok, mitra bisnis, dan stakeholder penting lainnya. Protokol tersebut meliputi social distancing, penggunaan masker, menjaga kebersihan, dan sebagainya.

"Karyawan berusia di bawah 45 tahun masuk dan WFH untuk usia di atas 45 tahun sesuai batasan operasi," demikian isi dokumen tersebut. Dalam surat mengenai antisipasi kondisi The New Normal itu, pekerja yang wajib masuk pun harus dibatasi operasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here