Home Nasional BMKG Sebut Deretan Wilayah Ini Berpotensi Hujan Lebat & Angin Kencang Hingga...

BMKG Sebut Deretan Wilayah Ini Berpotensi Hujan Lebat & Angin Kencang Hingga Besok

76
0

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) keluarkanperingatan diniterkait potensi hujan lebat, hingga diserta kilat atau petir dan angin kencang di berbagai wilayah Indonesia. Berdasarkan pantauan citra satelit Himawari pada Kamis tanggal 16 Januari 2020, pukul 08.00 WIB, terdapat beberapa dasar prakiraan potensi cuaca yang berlaku hingga esok hari, Sabtu (18/1/2020), sebagai berikut. Terdapatnya daerah pertemuan angin yang memanjang dari Sumatera Barat bagian Selatan, Bengkulu hingga Lampung, yang mampu meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di Sumatera Barat, Jambi bagian Barat, Bengkulu dan Lampung.

Terdapat sirkulasi di Selat Karimata (Borneo Vortex) yang signifikan pada tanggal 16 18 Januari 2020, yang memberikan potensi hujan signifikan di Kepulauan Riau bagian Timur, Kepulauan Bangka Belitung bagian Utara, Jambi bagian Timur, Kalimantann Barat, Kalimantan Tengah bagian Utara dan Barat, serta di Kalimantan Utara bagian Barat. Adanya intrusi udara kering di wilayah perairan Selatan Jawa Barat dan Jawa Tengah yang mampu meningkatkan labilitas di Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian barat. Kondisi ini dapat memicu proses pertumbuhan awan hujan di berbagai wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah bagian barat.

Berikutprakiraan cuacadari BMKG untuk periode 17 18 Januari 2020 di berbagai wilayah Indonesia. Beberapa wilayah yang diprediksi berpotensi hujan lebat antara lain: Untuk potensi angin kencang, diprediksi akan dialami beberapa wilayah berikut:

Beberapa wilayah Indonesia juga diprediksi berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang, yakni: Untuk potensi gelombang tinggi, diimbau nelayan yang ada di pesisir berikut untuk waspada: Perubahan musim membuat banyak perubahan yang patut diwaspadai.

Tak hanya segi kesehatan yang berpengaruh dengan cuaca yang berubah dengan cukup drastis, namun juga waspada dengan potensi bencana. Salah satunya adalah BMKG meminta masyarakat agar waspada terhadap siklon tropis claudia. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas ll Bandara Internasional Lombok (BIL) mengimbau masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) agar selalu waspada terhadapsiklon tropis claudia.

Kepala Seksi Observer Stasiun BMKG BIL Putu Sumiana menyampaikan bahwa dampak dari siklon tersebut berpotensi menyebabkan hujan lebat, angin kencang dan gelombang tinggi hingga 4 meter. "Dampaknya utama seperti, berpeluang hujan sedang hingga lebat, angin kencang dan gelombang tinggi di selatan NTB (samudra hindia) hingga 4 meter," ujar Putu saat dikonfirmasi, Rabu (15/1/2020). Putu mengingatkan bahwa cuaca tersebut dapat menggangu aktivitas masyarakat.

Beberapa dampaknya berupa adanya genangan air, tanah longsor dan pohon tumbang. Selain itu, Putu juga menyarankan agar para nelayan selalu melihat dan mengecek kondisi cuaca jika ingin melaut. Menurut Putu, warga tidak perlu terlalu khawatir dengan siklon tropis claudia yang melanda NTB.

Namun, warga tetap harus waspada, karena siklon tropis claudia merupakan siklus cuaca tahunan. Berdasarkan hasil pantauan, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau adanya potensi peningkatan tinggi gelombang di beberapa perairan Indonesia. Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG, Drs R Mulyono Rahadi Prabowo MSc, mengatakan bahwa berdasarkan pantauan kondisi atmosfer, terdapat daerah tekanan rendah di Samudera Hindia barat Australia.

Kondisi ini menimbulkan peningkatan kecepatan angin hingga mencapai 56 kilometer per jam, yang diprakirakan akan terjadi di beberapa perairan Indonesia. "Kondisi ini menyebabkan peningkatan tinggi gelombang," kata dia, Sabtu (4/1/2020). Adapun potensi tinggi gelombang berkisar 2 6 meter yang dikeluarkan BMKG tersebut diprakirakan berlaku pada tanggal 4 7 Januari 2020.

Gelombang laut dalam kategori tinggi (2,5 4 meter) berpotensi terjadi di: Gelombang laut kategori sangat tinggi (4 6 meter) berpotensi terjadi di wilayah: Selain itu terdapat potensi Storm Surge atau gelombang pasang tinggi di wilayah:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here