Home Internasional Ini 10 Tips Agar Charger Aman Tersengat HP Ketika Dicharge Viral Anak...

Ini 10 Tips Agar Charger Aman Tersengat HP Ketika Dicharge Viral Anak Ditemukan Tewas saat Tidur

70
0

Berita viral hari ini Anak 18 tahun ini ditemukan tewas saat tertidur, tersengat HP tertindih ketika dicharge, simak 10 tips agar charge aman. Kejadian seperti tersengat listrik karena outlet listrik saat tertidur makin banyak terjadi dan bukan pertama kalinya terdengar. Sebagian besar kasus melibatkan orang yang menggunakan ponsel mereka saat mengisi daya.

Hal ini tidak dapat dianggap remeh karena beberapa dari orang orang ini tewas saat mengisi daya saat tertidur. Dikutip dariWorld of BuzzdanDaily Newspada (30/9/2019) 4 hari yang lalupolisi dari distrik Nong Bua Daeng Chaiyaphum di Thailand dipanggil ke sebuah rumah setelah seorang pria menemukan keponakannya yang berusia 18 tahun, Suthee, tewas di tempat tidurnya. Dilaporkan ponsel Suthee yang diisi dayanya berada di bawah tubuhnya sementara ponsel masih terhubung ke soket listrik, yang membuatnya tersengat listrik.

Dia ditemukan dengan bibir pucat dan tangannya menutupi colokan sementara pengisi daya masih terpasang. Pamannya yang menemukan Suthee tewas di kasur mengatakan bahwa dia mendengar jeritan dari kamar malam sebelumnya, tetapi tidak memeriksanya karena dia pikir keponakannya hanya bermain game seperti yang selalu ia lakukan. Namun, ketika dia akan membangunkan keponakannya di pagi hari, keponakannya sudah tidak dapat mendengarkan panggilannya.

Petugas kepolisian, Maj. Withoon Phaphonngam, memperingatkan orang tua untuk memberi tahu anak anak mereka tentang bahaya menggunakan ponsel atau barang berlistrik saat masih terisi daya. Dan melalui keterangan polisi setempatSuthee memang tersengat listrik meski ia tidak menggunakannya. Kejadian ini hanya menunjukkan betapa berbahayanya ponsel saat diisi dayanya, kita tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi.

Terutama jika ponsel di charge / diisi dayanya selama semalaman. Kejadian ini adalah peringatan untuk berhati hati dengan outlet listrik dan potensi bahaya yang dapat ditimbulkannya ponsel yang terisi dayanya. Ketika ponsel digunakan secara bersamaan dengan pengisian baterai, suhu akan meningkat lebih jauh karena sistem charging semakin terbebani dengan daya yang terkuras.

Selalu gunakan charger original atau yang memang dikenal berkualitas tinggi. Jika ponsel sudah terisi 100 persen maka sebaiknya cabut kabel charger untuk menghentikan proses pengisian data. Membiarkan ponsel tertancap kechargersebenarnya tidak akan membuat perangkat meledak, karena ponsel secara otomatis akan memperkecil daya charging dan melakukantrickle charging, yakni mengisi daya dengan perlahan setiap kapasitas baterai menurun.

Supaya terjamin aman, pakailah baterai asli yang berasal dari vendor ponsel. Salah satu penyebab baterai lithium ion meledak atau terbakar adalah apabila baterai mengalami kerusakan fisik, misalnya karena jatuh atau tertancap sesuatu. Beberapa produsen membuat aksesori casing yang memiliki baterai terintegrasi sehingga bisa berfungsi sebagai power bank.

Tak semua outlet (colokan) listrik memiliki keluaran listrik yang stabil atau aman. Sebaiknya hindari outlet yang tampak meragukan, seperti ada bekas kerusakan, tercerabut, apalagi hangus. Aliran udara terhambat sehingga membuat ponsel kepanasan.

Ponsel yang terbakar tentu akan membahayakan pemilik apabila sedang terlelap. Anjuran ini tentu berlaku untukponselyang tidak memiliki ketahanan terhadap air dan debu. Dalam kasus demikian, apabila basah karena tercebur, sebaiknya segera matikanponseldan jangan digunakan sampai benar benar kering.

Meninggalkanponseldi mobil atau tempat panas lain adalah tindakan berbahaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here