Home Pendidikan Materi SD Kelas 1-3 Jawaban Soal Bagaimana Pendapatmu tentang Berita yang Belum...

Materi SD Kelas 1-3 Jawaban Soal Bagaimana Pendapatmu tentang Berita yang Belum Jelas Kebenarannya

34
0

– Berikut ini jawaban soal bagaimana pendapatmu tentang berita yang belum jelas kebenarannya?Untuk SD kelas 1 3. Program belajar dari rumah (BDR) yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini tayang di TVRI kini memasuki akhir pekan keempat hari ini Jumat (8/5/2020) Program BDR ini sebagai alternatif kegiatan pembelajaran selama anak belajar di rumah karena terdampak masa pandemi Covid 19.

Khusus untuk materi SD kelas 1 2 dan 3 yang tayang pukul 08.30 09.00 WIB membahas materi Materi Sahabat Pelangi Kabar Kabur Kompetensi yang ingin dicapai adalah menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya serta mengemukakan gagasan secara lisan. Adik adik selain diminta untuk menyimak pembahasan dalam tayangan juga akan diminta menjawab soal soal berikut sebagai tugas.

Berikut pertanyaannya: 1. Apa yang dilakukan Wayan, Chandra, dan Nisa ketika menerima informasi yang belum jelas kebenarannya tentang Martha? 2. Pernahkah kamu membantu temanmu, seperti yang dilakukan Wayan dan Chandra kepada Teteh Dewi? Tuliskan pengalamanmu!

3. Bagaimana pendapatmu tentang berita yang belum jelas kebenarannya? 1. Hal yang dilakukan Wayan, Chandra, dan Nisa ketika menerima informasi yang belum jelas kebenarannya tentang Martha adalah: Ketika Wayan, Chandra dan Nisa mendengar kalau martha tidak naik kelas, mereka tidak langsung percaya, tapi mencari tahu kebenarannya.

Mereka berencana ke rumah teteh Dewi untuk memastikan berita tersebut. Selanjutnya Mereka juga langsung menanyakan kebenaran berita tersebut ke Martha. 2. Khusus untuk jawaban nomor 2 ini, lebih disarankan siswa untuk menceritakan pengalaman pribadinya dalam membantu teman. Tentunya jawaban adik adik akan berbeda satu sama lain.

Contohnya membantu teman yang sedang kesusahan atau membantu tetangga. Orang tua dapat membimbing anaknya dalam menjawab pertanyaan nomor 2 ini. 3. Terkait berita yang belum jelas sumber kebenarannya menurut pendapat saya sebagai berikut:

Tidak boleh langsung percaya dengan berita tersebut Mencari dan menelusuri sumber berita apakah sumbernya benar Tidak menyebarkan berita yang belum jelas kebenarannya, apalagi terkait masalah pribadi orang yang dapat merugikan orang lain.

Kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak. Berikut ini panduan bagi orangtua murid di rumah untuk bisa terus mengawasi anak anaknya dalam mengikuti dan menyaksikan tayangan program Belajar dari Rumah TVRI: 1. Pandulah anak untuk menyimak dengan baik tayangan yang ditampilkan.

2. Dengan menyimak tayangan bersama anak, orang tua diharapkan ikut memahami materi yang disampaikan. 3. Perhatikan apakah anak memahami tugas yang disampaikan dalam tayangan. 4. Pandulah anak untuk mengerjakan tugas tersebut.

5. Berdiskusilah dengan guru jika anak membutuhkan bimbingan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here