Home Internasional Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terinfeksi Virus Corona Bertambah 41 Orang

Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Terinfeksi Virus Corona Bertambah 41 Orang

53
0

Penyebaran virus corona asal Kota Wuhan, China, sangat cepat. Sebuah kapal pesiar bernama Diamond Princess berisi 3.700 penumpang terpaksa dikarantina di lepas pantai di Yokohama, Jepang. Hasil pemeriksaan sementara medis Jepang mendapati 61 penumpang kapal itu terinfeksi virus corona. Menteri Kesehatan Jepang Katsunobu Kato mengatakan, ada tambahan 41 kasus positif baru sehingga total ada 61 penumpang kapal pesiar itu positif terkena virus corona baru atau virus Novel coronavirus (2019 nCoV).

Para pasien akan dibawa ke sejumlah rumah sakit di sejumlah prefektur untuk perawatan. "Secara total dari 273 spesimen, 61 dinyatakan positif," kata Kato seperti dikutip dari BBC, Jumat (7/2/2020). Ada lebih dari 3.700 penumpang dan awak di kapal pesiar Diamond Princess. Kapal itu telah berada di lepas pantai Jepang sejak Senin malam.

Pemeriksaan terhadap virus corona di kapal pesiar tersebut bermula saat seorang pria asal Hong Kong berusia 80 tahun merasakan gejala penyakit pneumonia. Pria tersebut mulai ikut dalam perjalanan kapal di Yokohama pada 20 Januari 2020 dan meninggalkan kapal di Hong Kong pada 25 Januari lalu. Sebanyak 41 kasus baru terdiri dari 21 warga Jepang dan sisanya berasal dari warga Amerika Serikat, Kanada, Australia, serta Inggris dan Argentina.

Tiga dari 41 pasien baru relatif berusia muda, yakni antara 20 dan 40 tahun. Sedangkan 38 pasien lainnya berusia antara 50 dan 80 tahun, dan sebagian besar berusia 70 an tahun. Sementara, tiga ribuan penumpang dan awak kapal diisolasi di atas kapal dan tidak diizinkan keluar setidaknya selama 2 pekan, atau sampai 19 Februari 2020 mendatang.

Kato melanjutkan, pemeriksaan akan diperluas setelah jumlah kasus terkonfirmasi meningkat. "Otoritas akan memeriksa orang yang rentan, seperti lanjut usia dan mereka yang sedang sakit penyakit lain serta orang yang kontak dengan orang yang positif virus corona," ujar Kato. Akibat kejadian ini, seorang warga Inggris (74) yang positif virus corona harus dipisahkan dari istrinya yang harus tetap berada di dalam kapal pesiar.

Padahal, keduanya mengikuti perjalanan di kapal pesiar itu dalam rangka bulan madu. Hal itu diungkapkan teman korban, David Abel melalui unggahan video di akun Facebook nya. David menyampaikan keprihatinannya atas tragedi yang menimpa temannya itu.

"Ada satu hal yang membingungkan, salah satu orang yang makan malam bersama denganku selama di kapal positif terkena virus itu," ujar Abel. "Pasti dia akan meninggalkan kapal hari ini juga. Kasihan, sekarang aku tidak tahu bagaimana perasaan pria itu." Sebelum temuan penumpang kapal pesiar terinfeksi virus corona, Jepang telah menangani 86 kasus virus yang diyakini bermula dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here