Home Travel Rutin Cuci Tangan hingga Tetap Terhidrasi Tips Menjaga Kesehatan saat Umrah di...

Rutin Cuci Tangan hingga Tetap Terhidrasi Tips Menjaga Kesehatan saat Umrah di Tanah Suci

63
0

Simak beberapa tips untukmenjaga kesehatan saat menjalankan ibadah umrah di tanah suci. Sebelum berangkat ibadah umrah, ada beberapa hal yang harus dipersiapkantermasuk menjaga kesehatan. Ada banyak faktor yang membuat jamaah umrah bisa terserang penyakit.

Di antaranya karena perbedaan iklim, cuaca, lingkungan, dan kelelahan saat menunaikan ibadah umrah. Rutin mencuci tangan merupakan bentuk pencegahan dari virus dan kotoran agar tidak memasuki tubuh kita. Tangan merupakan sarang virus dan bakteri.

Usahakan untuk selalu mencuci tangan ketika selesai memegang sesuatu. Kelihatannya memang bersih, namun banyak sekali bakteri kecil yang berada di tangan. Setelah menggunakan toilet sebaiknya cucilah tangan Anda hingga bersih.

Jika Anda tidak rutin membersihkan tangan maka hal tersebut dapat memicu penyebaran virus ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan) dan diare. Usahakan untuk selalu menggunakan masker ketika bepergian keluar. Penggunaan masker juga merupakan pencegahan penyebaran virus dari tubuh terhadap jamaah lain atau sebaliknya.

Sepulang dari umrah , secara umum biasanya banyak jamaah yang menderita penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan). Gejala yang ditimbulkan mulai dari bersin bersin, batuk, hingga demam. Penyakit ISPA mudah menular, maka untuk mencegahnya gunakan lah masker.

Kelembaban udara yang rendah dan terik matahari akan meyebabkan kulit dan bibir Anda pecah pecah. Sediakan sun block dan pelembab bibir yang akan melindungi kulit dan bibir Anda dari panasnya matahari. Jika kulit dan bibir jamaah umroh terasa pecah pecah saat beribadah di tanah suci, terlebih di kaki, maka hal ini akan sangat menyakitkan dan membuat jamaah tidak nyaman.

Jagalah pola makan Anda sehari 3 kali dengan asupan nutrisi yang cukup. Kebanyakan para jamaah umrah mengalami kelelahan dan kehilangan nafsu makan. Hal tersebut disebabkan karena makanan yang disediakan tidak seperti makanan biasanya di tanah air.

Namun hal tersebut tidak harus dijadikan alasan untuk tidak makan. Jamaah umrah perlu menjaga keseimbangan nutrisi dan gizi serta menjaga pola makan yang teratur empat sehat lima sempurna. Jangan lupa untuk meminum vitamin, agar menjaga tubuh tetap bugar.

Tips menjaga kesehatan saat umrah selanjutnya adalah dengan menjaga pola istirahat dan tidur. Sangat disarankan untuk jangan terlampau memaksakan diri, nantinya menjelang pulang stamina tubuh jamaah akan drop dan meyebabkan jatuh sakit. Hal tersebut akan mempengaruhi kelancara kegiatan ibadah umrah.

Jaga pola istirahat minimal 6 jam sehari dan sekitar jam 9 malam usahakan untuk tidur. Jagalah tubuh Anda untuk tetap terhidrasi, karena rendahnya kelembaban udara akan mengakibatkan jamaah gampang dehidrasi. Usahakan untuk minum minimal 2 liter air putih untuk mengantikan cairan tubuh yang hilang.

Hindari mengonsumsi air dingin karena akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan Anda. Jangan ragu untuk segera lapor kepada petugas jika Anda mengalami gangguan kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here